Friday, October 4, 2019

Wanita Harus Tahu! 3 Khasiat Super Gula Merah Bagi Kesehatan Tubuh

source: Doktersehat.com

Gula merah merupakan bahan pemanis yang biasa digunakan pada berbagai menu masakan. Kendati demikian, penggunaan gula merah dalam masakan sampai saat ini masih kurang populer dibanding dengan gula pasir. Padahal selain menambah cita rasa hidangan, gula merah memiliki manfaat tak terduga bagi kesehatan tubuh manusia. Lantas kira-kira apa manfaat bagi tubuh anda yang bisa kamu dapat dari konsumsi gula merah? Langsung aja simak ulasannya di bawah ini ya ciss.

1. Mengatasi batuk dan demam

Buat kamu yang lagi batuk ataupun demam, jangan dikit-dikit minum obat dari dokter/apotek. Kamu bisa mencoba alternatif obat lain yang lebih alami, enak, dan pastinya tanpa efek samping sedikit-pun. Selain bisa digunakan sebagai pemanis, ternyata gula merah juga mampu mengatasi gejala batuk dan demam yang sering kali kita alami. Lantaran gula merah memiliki sifat yang dapat menekan dahak khususnya untuk batuk kering. Biar kamu bisa mendapatkan khasiat dari gula merah sekaligus mendapatkan efek hangat pada tubuh, kamu bisa minum teh hangat dengan gula merah sebagai bahan pemanisnya.

2. Mengatasi anemia

Untuk para wanita-wanita khususnya di usia subur sangat rentan mengalami anemia. Anemia sendiri disebabkan karena kadar zat besi dalam darah di bawah batas normal, sehingga proses transport oksigen dan elektrolit dalam tubuh sangat terganggu. Dampaknya, kamu pun gampang letih, gak bersemangat, bahkan tampak pucat seperti zombie haha, just kidding.

Tapi anda jangan khawatir, kamu cuma perlu rutin mengonsumsi gula merah setiap minggunya untuk mengatasi masalah anemia yang kamu alami. Sebab gula merah kaya akan zat besi yang sangat dibutuhkan dalam darah manusia, terlebih lagi wanita. Untuk mendapat khasiat dari gula merah, kamu cukup rutin mengonsumsi gula merah setiap hari/minggu.

3. Mengatasi nyeri haid

Rasa nyeri akibat tamu bulanan memang bikin gak nyaman dan juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi, sebenarnya rasa nyeri ini bisa diatasi dengan konsumsi gula merah setiap harinya. Gula merah memiliki efek yang dapat menenangkan organ kewanitaan serta mencegah darah menggumpal dan itu semua dapat membuat anda tidak merasakan sakitnya haid. Untuk mengatasi nyeri haid, kamu cukup melarutkan sedikit gula merah dengan air panas dan minum di hari pertama menstruasi atau sejak kamu merasakan nyeri dan kram perut.