Sunday, October 6, 2019

5 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari (No. 3 Menakjubkan)

sumber gambar: doktersehat.com

Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

Kendati terbilang cukup mudah dan ekonomis, faktanya tak sedikit orang yang sering mengabaikan manfaat jalan ini. Padahal, di balik kesederhanaannya, olahraga yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki yang baik untuk tubuh, di antaranya:

1. Memperbaiki postur tubuh

Manfaat jalan kaki yang pertama adalah kemampuannya memperbaiki postur tubuh Anda. Selain terlatihnya otot-otot kaki, jalan kaki juga melatih otot tubuh lainnya seperti seperti paha, perut, tangan, dan punggung. Bahkan, berjalan kaki juga menghindari Anda dari postur tubuh yang bungkuk untuk masa tua.

2. Meningkatkan energi

Sebagian orang beranggapan bahwa olahraga hanya aktivitas yang menguras energi/tenaga. Padahal, dibalik aktivitas olahraga yang Anda lakukan, ternyata terdapat manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya adalah pendongkrak energi/tenaga. Hal ini bisa terjadi dikarenakan olahraga bisa memompa darah secara lancar ke seluruh tubuh anda sekaligus memberikan tambahan suplai oksigen.

3. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, sepertinya mendapatkan manfaat jalan kaki adalah pilihan termudah yang bisa dilakukan untuk sehari-hari. Berjalan kaki dapat memperbaiki respon tubuh terhadap hormon insulin yang ada di tubuh anda.

Hormon ini bertugas untuk mengatur metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak yang bisa mengurangi jumlah lemak pada perut/tubuh anda.

4. Meningkatkan kinerja otak

Selain berguna untuk meningkatkan fungsi anggota gerak tubuh, manfaat jalan kaki lainnya juga memberikan pengaruh baik bagi otak agar tidak gampang down. Mereka yang rutin berjalan kaki terbukti tidak mudah pikun/lupa. Saat berjalan kaki–ukuran hippocampus–bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat akan menjadi lebih besar dan rileks walau musibah banyak.

5. Mengurangi gejala varises

Pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar kaki anda dan bertambahnya usia anda adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan varises. Agar varises tidak terjadi, salah satu caranya adalah mendapatkan manfaat jalan kaki untuk setiap. Jalan kaki harus dilakukan selama kurang lebih 30 menit sampai 45 menit setiap harinya.