Tuesday, October 15, 2019

6 Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan, Ibu menyusui wajib tahu!

Photo Credit: flickr.com/Wendy Cutler

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan Tubuh

Dari berbagai sumber yang dihimpun, daun kelor memiliki banyak manfaat utama yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh:

1. Mengobati Kanker

Ekstrak daun kelor mengandung sifat yang mungkin membantu mencegah kanker berkembang pada tubuh kita. Daun Kelor juga mengandung niazimicin, yang merupakan senyawa yang menekan perkembangan sel kanker pada tubuh kita.

Kelor juga memiliki beta-sitosterol yang telah terbukti sangat bermanfaat untuk mengobati pembesaran prostat dan membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar pada tubuh kita.

Selain itu, beta-sitosterol juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membantu menyeimbangkan gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung pankreas, membantu menyembuhkan luka dan dapat meredakan kram yang terjadi pada tubuh kita.

2. Menyehatkan Mata

Mungkin terdengar sedikit meragukan tapi. Pasalnya banyak yang mempercayai bahwa kesehatan mata bisa didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin A dan biasanya berwarna merah seperti wortel, tomat, ataupun pepaya dan daun kelo ini termasuk salah satunya.

Daun kelor mengandung sifat yang dapat mengurangi timbulnya gangguan  penglihatan berkat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Daun kelor dapat mencegah pelebaran pembuluh retina, mencegah penebalan membran kapiler, dan menghambat disfungsi retina pada tubuh anda.

3. Menurunkan Kadar Gula

Dari hasil penelitian yang dilakukan di negara India, ditemukan sebuah hasil yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor olahan, baik berupa teh ataupun sayur bisa menurunkan kadar glukosa darah secara signifikan tinggi.

Hal tersebut terjadi akibat pemberian obat glibenclamide yang berfungsi untuk meningkatkan sekresi insulin oleh sel beta pankreas semakin bertambah tinggi. Maka tak heran, jika banyak orang di India yang menggunakan daun kelor sebagai obat herbal dalam menurunkan kadar gula yang berada pada tubuh mereka.

4. Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh Kita. Tingginya tingkat radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung maupun diabetes tipe 2.

Beberapa senyawa antioksidan telah ditemukan dalam daun kelor ini. Selain vitamin C dan beta-karoten, ini termasuk:

Quercetin: Antioksidan kuat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.
Asam klorogenik: Juga ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kopi, asam klorogenat dapat membantu tingkat gula darah moderat setelah Anda makan.
Satu studi pada wanita menemukan bahwa menggunakan 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah dalam tubuh anda.

5. Menurunkan Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi berhubungan dengan peningkatan risiko terkenanya penyakit jantung. Untungnya, banyak makanan nabati yang secara efektif dapat mengurangi kolesterol yang ada pada tubuh anda. Ini termasuk biji rami, almond dan oatmeal.

Kedua studi berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa daun kelor mungkin memiliki efek penurun kolesterol yang sama.

6. Gizi untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui membutuhkan gizi yang cukup agar kesehatan bayi/balita tetap terjaga. Mengonsumsi daun kelor sangat disarankan untuk ibu-ibu terutama ibu yang sedang menyusui. Daun kelor secara ilmiah terbukti mendukung laktasi dan mulai booming untuk ibu menyusui.

Selain itu, penelitian juga telah menunjukkan bahwa daun kelor dapat bertindak sebagai galaktagog, yaitu zat alami untuk mendukung kelancaran laktasi yang ada pada tubuh anda.