Saturday, October 5, 2019

5 Manfaat Wortel Mentah Bagi Mata dan Usia Anda!

sumber gambar: Tokopedia

Bagi kalian yang sering kali mengkonsumsi pil – pil vitamin A atau C, mungkin sebaiknya anda harus segera beralih pada sayuran berwarna kuning yang satu ini. Wortel memiliki banyak sekali kandungan vitmin A-nya. Bahkan di antara nutrisi yang lainnya, vitamin A memiliki nilai yang paling tinggi dan ini dimiliki wortel. Tidak hanya vitamin A, wortel juga mengandung berbagai nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin C dll. Jadi, jika anda mengkonsumsi wortel khususnya wortel mentah, selain memenuhi kebutuhan vitamin A, anda juga bisa memperoleh manfaat nutrisi lainnya yang berguna untuk tubuh anda. Berikut ini berbagai manfaat yang bisa anda dapat dari wortel mentah, simak baik-baik:

Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Manfaat wortel untuk mata sudah paten dari dulu, Wortel sudah dikenal sebagai sumber makanan yang dapat menyehatkan indera penglihatan pada manusia. Wortel mentah mengandung banyak sekali vitamin A yakni sekitar 16.706 IU atau setara dengan 557 persen dari kebutuhan vitamin A mata manusia. Selain itu wortel juga mengandung banyak beta carotene yang nantinya dapat diubah menjadi vitamin A di dalam hati kamu.

Vitamin A selanjutnya dapat diubah ke dalam bentuk rodopsin di dalam retina. Rodopsin ini merupakan pigmen ungu yang sangat dibutuhkan oleh mata anda untuk dapat melihat ketika malam hari. Selain itu, penelitian menunjukan jika orang yang banyak mengkonsumsi makanan kaya beta carotene cenderung memiliki kemungkinan menderita katarak dan rabun jauh lebih rendah 40 persen dibandingkan orang-orang yang jarang mengkonsumsi beta carotene.

Membantu Pencegahan Penyakit Kanker

Berbagai penelitian menunjukan jika wortel mentah terbukti dapat membantu menurunkan resiko kanker usus, kanker payudara hingga kanker paru – paru dalam manusia. Penelitian terbaru bahkan menunjukan jika wortel mentah mengandung zat falcarinol dan falcarindiol yang termasuk ke dalam zat anti kanker tersebut. Falcarinol sendiri merupakan sejenis pestida alami yang dihasilkan oleh wortel guna melawan penyakit tanaman yang diakibatkan oleh jamur yang ada pada tubuh kita ini.

Membantu Memperlambat Penuaan

Tingginya kandungan beta carotene di dalam wortel juga dapat berguna sebagai anti oksidan yang dapat membantu membersihkan sel – sel mati dalam tubuh kita melalui proses metabolisme. Terjadinya proses tersebut akan membantu memperlambat terjadinya proses penuaan dalam diri kita.


Membantu Menyehatkan Kulit

Tingginya vitamin A dan juga anti oksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan pada kulit akibat sinar matahari/ultraviolet. Kerusakan kulit tersebut juga termasuk keriput, noda hitam, warna kulit tidak merata, kulit kering maupun pigmentasi kulit. Hal – hal tersebut dapat terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin A inih.

Membantu Mencegah Terjadinya Infeksi

Wortel memiliki kemampuan untuk mengobati luka luar dan mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh manusia. Caranya adalah dengan menghaluskan wortel mentah, bisa juga dengan merebusnya terlebih dahulu selanjutnya tempelkan wortel yang sudah dihaluskan tersebut pada luka yang ada pada tubuh anda.