Saturday, October 5, 2019

Manfaat Tidur Siang dapat Membuat Kinerja Otak Naik 3x Lipat Lho!

sumber foto: doktersehat.com

yourbeauty7.info– Di tengah aktivitas yang sangat padat, tubuh kita butuh istirahat sejenak untuk mengembalikan energi dan konsentrasi dan kinerja otak. Ternyata, beberapa peneliti menjawab cara terbaik untuk refreshing adalah dengan melakukan tidur siang di tengah jam kerja. Dilansir dari Telegraph, berikut ini macam-macam manfaat tidur siang bagi tubuh Anda:

Membuat Anda lebih fokus dan segar

Sebuah studi di Spanyol menyebutkan bahwa tidur siang selama 60 sampai 90 menit memiliki manfaat yang sama dengan tidur malam hari dan membuat Anda lebih segar. Di kota kecil Ador, dekat Valencia, Spanyol, bahkan memiliki tradisi kuno yang disebut siesta, yaitu tidur siang beberapa jam setelah waktu makan siang, antara pukul 3 siang hingga pukul 5 sore. Beberapa pertokoan di Ador bahkan tutup untuk memberi kesempatan bagi warganya melakukan  tradisi siesta. Sedangkan di sejumlah perkantoran, sedang diupayakan sebuah sistem agar para karyawannya dapat merasakan manfaat tidur siang tersebut.

Meningkatkan produktivitas

Beberapa dari penelitian menyebutkan bahwa Anda sebaiknya menyempatkan diri untuk tidur siang. Vincent Walsh, profesor dan peneliti otak manusia dari University College London menyebutkan bahwa waktu tidur siang adalah waktu yang terbaik untuk mengistirahatkan sejenak otak kita.

Walsh menambahkan, bahwa sejak revolusi industri, Manusia cenderung menyibukkan diri pada pekerjaannya di siang hari dan menumpuk waktu tidur di malam hari, daripada menyempatkan tidur siang.

Mengurangi stres

Sebuah studi di tahun 2012 oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bukti bahwa tidur siang dapat mengurangi hormon stres pada otak setelah kurang tidur sehari sebelumya. Meskipun tidak dapat disimpulkan bahwa seseorang dapat pulih dari stres setelah tidur siang, namun tidur siang sebentar dapat membantu mengendalikan hormon stres yang ada pada otak kita.

Meningkatkan fungsi kognitif

Dalam sebuah studi di tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Sports Sciences membuktikan bahwa tidur siang sebentar dapat meningkatkan kewaspadaan kinerja mental dan fisik menjadi 200%. Penelitian ini menguji berbagai kinerja mereka yang tidur siang atau duduk diam dari pukul 13.00 hingga 13.30. dan Hasilnya, orang dewasa yang tidur siang mengalami perbaikan dalam kewaspadaan, ingatan jangka pendek, denyut jantung, dan skor pada tes singkat.

Jika kondisi Anda memungkinkan, lebih baik manfaatkan waktu tidur siang sebaik mungkin. Beberapa studi menyebutkan, waktu terbaik untuk tidur siang adalah pukul 2 siang hingga pukul 3 sore. Beri tubuh Anda waktu istirahat 30 sampai 60 menit per hari agar badan Anda menjadi lebih segar.