Saturday, October 5, 2019

6 Manfaat Tomat untuk Kesehatan Tubuh, Bisa bikin Awet Muda Lho!

sumber foto: Pexels.com

Manfaat tomat untuk kesehatan manusia berhubungan dengan kekayaan nutrisi dan vitamin. Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen. Zat inilah yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu naringenin, polifenol, dan chlorogenic acid.

Tomat memiliki kandungan rendah lemak & kalori, tapi tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, lutein , karotenoid, gula dan kalium, serta sejumlah besar vitamin B6 dan tiamin.

Manfaat Tomat untuk Menunjang Kesehatan Tubuh Manusia,
Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan untuk tubuh anda, antara lain:

1. Mengatasi peradangan

Manfaat tomat yang pertama yaitu sebagai anti-peradangan, wah kok bisa gitu? karena tomat mengandung tomatine. Selain itu, khasiat tomat juga dapat mengangkat lemak dan kotoran pada wajah anda karena mengandung asam sitrat yang cukup tinggi. Tomat juga sangat bermanfaat untuk antioksidan karena mengandung vitamin C dan beta-karoten.

2. Mencegah kerusakan kulit

Menurut berbagai penelitian, likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet dan membantu menjaga kulit tampak awet muda walau di usia yang menjelang tua.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh polusi , sinar matahari, dan asap. Manfaat tomat untuk wajah juga membantu mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan agar kita bisa terlihat lebih muda.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat tomat untuk kesehatan ternyata dapat membuat mata lebih sehat dan jeli karena kandungan beta karoten. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata anda.

4. Mengatasi penggumpalan darah

Manfaat dari tomat berikutnya yaitu dapat mengatasi kelelahan, mencegah penggumpalan darah, dan dapat pula meningkatkan jumlah sperma pada laki-laki. Selain itu, manfaat tomat juga dapat menjaga keseimbangan kesehatan tubuh manusia loh.

5. Mengatasi bisul

Manfaat tomat yang jarang orang tahu yaitu untuk mengobati bisul yang sering muncul di usia dini. Berikut ini step by step untuk mengobati bisul dengan tomat; panaskan biji tomat dan dagingnya, kemudian letakan di atas bisul selama beberapa saat lalu anda bilas dengan air bersih.

6. Mengatasi jerawat

Selain bisul, manfaat yang lainnya dari tomat yaitu untuk wajah yang berjerawat. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian gosokan pada jerawat yang ada pada wajah anda. Lakukan hal tersebut setiap hari selama 1 bulan, ingat harus rutin.