Saturday, October 5, 2019

8 Manfaat Pisang untuk Kesehatan dan Kekebalan Tubuh Anda

Sumber Gambar: U-Report

Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Nah, berikut 8 khasiat pisang yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan manfaat pisang.

1. Sumber energi

Buah, buah pisang dengan mudah dapat dicerna oleh tubuh kita, gula yang terdapat di dalam pisang diubah menjadi sumber tenaga secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah yang sering kita rasakan.

2. Baik ibu hamil

Pisang juga disarankan untuk dikonsumsi pada para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab dalam satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori.

3. Mengatasi anemia

Sebanyak dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah sangat cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

4. Mengatasi penyakit usus dan perut

Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair) dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus yang sering kali terjadi pada usia dini. Dan Pisang juga dapat direkomendasikan untuk pasien sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.

Buah pisang dapat dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses. Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi sebuah bacillus yang bersahabat. Dengan demikian, keduanya akan tertolong oleh pisang ini.

Pisang utuh ataupun krim pisang (seperti untuk makanan bayi), dapat dikonsumsi oleh pasien yang sedang menderita diare.

5. Manfaat bagi penderita lever

Khasiat pisang baik untuk penderita penyakit lever, baiknya mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok (makan) madu, akan menambah nafsu makan dan memperkuat tubuh kita.

6. Menyembuhkan luka bakar

Daun, daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terkena bakar dengan cara dioles ke luka bakar tersebut, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit yang terbakar.

7. Manfaat bagi diabetes

Bag, bagi sebagian masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang goroho yakni pisang khas daerah setempat, merupakan makanan tambahan untuk sehari-hari atau makanan pokok bagi orang yang menderita penyakit gula atau penyakit diabetes melitus, terutama buah pisang goroho yang masih belum matang, kemudian dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda.

8. Mempercantik kulit

Bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan sedikit madu, dioleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama 30 sampai 40 menit. Basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air es atau dingin, diulang selama 15 hari, akan menghasilkan pengaruh yang menakjubkan pada kulit anda.